Inggris Masih Begitu-Begitu Saja tuh Cara Bermainnya

PIALA DUNIA 2018 ~ Ada hal penting lain dari kemenangan atas Inggris bagi Kroasia selain sukses melangkah ke final. Mereka membuktikan Inggris masih begitu-begitu saja.

Kroasia mengalahkan Inggris dengan skor 2-1 di Luzhniki Stadium, Kamis (12/7/2018) dinihari WIB di laga semifinal Piala Dunia 2018. Vatreni menang usai comeback dari gol Kieran Trippier di menit kelima.

Ivan Perisic menyamakan kedudukan pada menit ke-68. Saat laga dilanjutkan ke babak tambahan, Mario Mandzukic sukses membawa Kroasia membalikkan kedudukan melalui gol di menit ke-109.

Kemenangan ini bisa dibilang layak didapatkan anak-anak asuh Zlatko Dalic. Mereka lebih dominan dan lebih mengancam.

Dengan penguasaan bola selama 120 menit sebesar 54%, mereka melepaskan 22 tembakan dengan tujuh di antaranya tepat target. Inggris sementara itu hanya berhasil melepaskan tembakan separuh dari jumlah total percobaan Kroasia, dengan cuma satu yang mengarah ke gawang.

Bek Kroasia Sime Versaljko juga menyoroti satu hal, yakni tentang gaya bermain Inggris. Setelah selama ini dinilai punya gaya bermain berbeda dengan umpan-umpan pendek, nyatanya hal itu tak terlihat.

Inggris disebutnya masih memainkan gaya lama yakni menyerang melalui bola-bola panjang. Whoscored mencatat mereka melepaskan 104 umpan panjang, ditambah 16 percobaan melalui umpan silang, dari 497 total umpan yang dilakukan.

Sebagai perbandingan, Kroasia hanya melepaskan 85 umpan panjang dari 590 umpan yang dilakukan para pemainnya. Meski demikian, mereka mencatatkan 41 umpan silang.

"Persepsi keseluruhannya sebelumnya adalah bahwa ini merupakan Inggris tampilan baru yang telah mengubah cara bermain khas mereka yakni mengirimkan bola-bola panjang ke depan, Tapi ketika kami menekan mereka, ternyata mereka belum berubah," tambahnya.